Contoh Surat Keterangan Ahli Waris

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris − Selamat malam sahabat setia contohsuratpos semuanya dimanapun anda berada saat ini. Terima kasih masih setia dengan blog sederhana ini. Malam ini admin akan bagikan contoh surat keterangan terbaru untuk anda. Pada postingan yang telah lalu, admin sudah membagikan contoh surat keterangan belum menikah. Sedangkan untuk kali ini admin akan bagikan contoh surat keterangan ahli waris. Jadi bagi anda yang sedang membutuhkan referensi dalam membuat surat ini, maka jangan beranjak dulu dari halaman ini karena disini admin akan membagikan contohnya untuk anda.

Terkadang kita membutuhkan surat keterangan ahli waris untuk melengkapi berkas persyaratan administrasi untuk mengurus sesuatu hal, seperti ketika ingin mengajuka pinjaman ke bank, ataupun pengambilan uang atau barang yang masih atas nama seseorang yang sudah tiada (meninggal). Misalnya seorang istri yang ingin mengambil uang di bank atas nama rekening suaminya yang sudah meninggal dunia, maka untuk bisa mengambil uang tersebut harus ada surat keterangan ahli waris. Lain dari pada itu, surat kleterangan ahli waris ini juga berfungsi sebagai bukti jika terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan. Seperti pengakuan hak milik oleh saudara, penggusuran dan lain sebagainya. Surat ini juga disebut sebagai surat keterangan hak waris (SKHW). Lalu apa itu surat keetrangan ahli waris?

Surat keterangan waris adalah surat yang menerangkan tentang status seseorang sebagai ahli waris dari seseorang yang sudah meninggal dunia. Surat keterangan waris ini memiliki kekuatan hukum dikarenakan harus dengan proses persetujuan pejabat pemerintahan, misalnya camat atau lurah ataupun jasa PPAT Notaris. Isi dari surat waris ini ialah tentang rincian data diri ahli waris yang berhak dan sah memperoleh warisan dari pewaris nantinya.

Di Indonesia, diterapkan peraturan untuk menentukan siapa saja ahli waris tersebut dari seorang warga negara Indonesia yang meninggal, yakni sebagai berikut:

1. Bagi WNI surat keterangan ahli waris ini dibuat dibawah tangan dan ditandatangani oleh ahli waris yang disaksikan minimal oleh dua orang saksi yang diketahui oleh camat atau lurah setempat. Sedangkan untuk pembuatan surat yang didahului oleh sengketa ahli waris, maka pembuatannya dilakukan oleh pengadilan agama setempat yang berbentu fatwa waris. Surat yang dibuat dibawah tangan tidak perlu dilakukan pengecekan wasiat dahulu, dan dalam surat keterangan tersebut juga tidak disebutkan besarnya bagian untuk setiap ahli waris. Bagian masing-masing dari ahli waris dicantumkan dalam fatwa waris.

2. Bagi WNI keturunan Cina ataupun Eropa maka pembuatan surat ahli waris ini dilakukan oleh seorang notaris yang didahului pengecekan wasiat ke kantor pusat daftar wasiat di Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

3. Sedangkan bagi WNI keturunan India, Arab, maka surat ini dibuat di Balai Harta Peninggalan (BHP).

Cara Mengurus Surat Ahli Waris

Bagi anda yang ingin mengurus surat keterangan ahli waris ini, silahkan datangi kantor kelurahan di tempat anda tinggal dengan membawa persyaratan sebagai berikut:

o. Surat Pengantar dari RT/RW;
o. Foto copy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk semua ahli waris;
o. Foto copy Surat Kematian
o. Foto copy Surat Nikah Orang Tua yang dilegalisir KUA setempat (Apabila yang mngurus anak);
o. Surat Lapor kehilangan dari Kepolisian (Apabila surat kematian sudah hilang)
o. Membuat Surat Keterangan Waris yang ditandatangani oleh para ahli waris dengan diberi materai minimal Rp. 6000 dan diketahui serta ditandatangani oleh para saksi, yakni ketua RT/RW setempat.

Semua syarat yang disebutkan di atas diserahkan pada bagian pelayanan umum kantor kelurahan, kemudia anda akan diberikan formulir yang sudah disediakan pihak kelurahan yang kemudian bisa dibawa pulang kerumah terlebih dahulu untuk melengkapi syarat-syarat yang belum siap dikumpulkan. Namun jika surat keterangan ahli waris dan pernyataan dua orang saksi sudah selesai dibuat sampai di tingkat kecamatan. selanjutnya tinggal menuju pemeriontah kabupaten/kota setempat untuk memperoleh fatwa waris yang dikeluarkan oleh bagian pemerintahan ataupun dinas terkait yang mempunyai wewenang untuk ini.

Gambar untuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris

Nah bagi anda yang penasaran bagaimana format surat keterangan ahli waris. Berikut ini sudah admin siapkan beberapa contohnya untuk anda. Mari langsung saja kita perhatikan di bawah ini.

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Dari Kecamatan

SURAT KETERANGAN AHLI WARIS

Kami yang bertanda tangan di bawah ini adalah Ahli Waris dari Bapak :

Sulaiman Bin Jakfar

Menerangkan dengan sebenarnya dan sanggup diangkat sumpah bahwa Almarhum Bapak Sulaiman Bin Jakfar Bertempat tinggal di Jln. Anggrek  RT 03/13 Kel. Asih Kec. Bolang pada hari Rabu tanggal 1 Maret 2017 telah meninggal dunia di rumah Jln. Anggrek  RT 03/13 Kel. Asih Kec. Bolang Bandung Barat. Dari perkawinannya Almarhum Sulaiman Bin Jakfar dengan istrinya Sumiati binti Aminah telah dilahirkan dan kini masih hidup 3 orang anak. Ahli waris tersebut yaitu:

1. Mustofa (Laki-laki), 35 tahun
2. Azmi (Laki-laki), 30 tahun
3. Murni (Perempuan), 25 tahun

Demikian kami adalah para ahli waris dari mendiang : Almarhum Bapak Sulaiman Bin Jakfar.

Apabila di kemudian hari keterangan kami para ahli waris tidak sesuai, sehingga terjadi gugatan dari pihak lain, maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab kami para ahli waris, sedangkan aparat pemerintah yang turut menandatangani Surat Keterangan Ahli Waris ini dibebaskan dari segala bentuk tuntutan hukum.

Bandung Barat, 20 Mei 2017

Para Ahli Waris Tersebut :
1. Mustofa   ……………………
2. Azmi          ……………………
3. Murni        ……………………

Saksi-saksi :                                                                              Disaksikan :

                                                                                                  Ketua RT. ...,
1. H. Samsuar    ..........
2. Ali Sadikin       ..........
3. Abdul Kadir     ..........                                                           Syarifuddin

Telah tercatat :                                                             Telah tercatat :
Di Kantor Kecamatan Bolang                                     Di kantor Kelurahan Asih

Nomor  : 2583/I-A.4/Ag/.…/2017                                 Nomor  : 231/…./SKT/…./2017
Reg.      : ...........                                                          Reg.      :
Tanggal : ...........                                                          Tanggal  : ..........

CAMAT BOLANG,                                                        LURAH ASIH,


H. Santoso, S.Sos., M.Si.                                            Andika Putra, SE.
Nip 19640527 198603 1 005                                        Nip 19630625 189501 1 005

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Dari Kelurahan

SURAT KETERANGAN AHLI WARIS

No. 321/05/WA/Pem.Kel/2017

Kami yang bertanda tangan di bawah, para ahli waris dari almarhum Ahmad Sobari Bin Sulaiman.

Menerangkan dengan sebenar-benarnya dan bersedia diangkat sumpah di hadapan saksi - saksi bahwa benar pada 13 Agustus 2016 almarhum telah meninggal dunia.

Dari perkawinan Ahmad Sobari dengan Rukmini, telah dilahirkan dan kami masih hidup 4 (empat) orang anak:

1. Irfan Maulana, Umur 42 Tahun, Pekerjaan Wiraswasta (anak kandung)
2. Subhan, Umur 34 Tahun, Pekerjaan PNS (anak kandung)
3. Annisa, Umur 30 Tahun, Pekerjaan PNS (anak kandung)
4. Siti Soleha, Umur 23 Tahun, Pekerjaan Mahasiswa (anak kandung)

Alamat tempat tinggal : Jln. Melati No. 32 RT 04/RW 05, Cempaka Merah, Bogor

Demikianlah nama kami 4 (empat) orang anak dan Rukmini, Umur 65 Tahun, Pekerjaan ibu rumah tangga (istri) tersebut adalah ahli waris dari mendiang Sobari Bin Sulaiman.

Seandainya ada hal - hal yang bertentangan dengan kenyataan di masa akan datang, segala hal yang menyangkut persoalannya kami akan bertanggung jawab penuh untuk menyelesaikannya.

1. Rukmini
2. Irfan Maulana
3. Subhan
4. Annisa
5. Siti Soleha

Saksi-saksi :

1. Nama        : Anwar, Usia 57 tahun
    Pekerjaan : Wiraswasta
    Alamat      : Jln. Angsa No. 43 RT 04/RW 05, Bogor

2. Nama        : Sunardi, Usia 45 tahun
    Pekerjaan : PNS
    Alamat      : Jln. Siliwangi No. 89 RT 01/RW 03, Bogor

Bogor, 20 Mei 2017

Mengetahui,
Camat Kecamatan Cempaka Merah,                              Lurah Kelurahan Elang Mas,


Suryadi                                                                             Handoko
NIP: 199875336645                                                          Nip. 199765345645

Itulah tadi 2 contoh surat keterangan ahli waris yang dapat admin bagikan malm ini untuk anda. Mudah-mudahan kedua contoh dan penjelasan di atas bisa menambah wawasan kita tentang surat ahli waris ini. Silahkan ditiru contoh surat di atas anmun jangan lupa untuk diubah dan disesuaikan kembali dengan diri anda. Mari berikan like dan share melalui tombol di bawah sebagai bentuk dukungan anda kepada blog kami ini. Dan jika diperlukan, silahkan baca juga contoh surat keterangan kerja untuk KPR. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses dari www.contohsuratpos.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Keterangan Ahli Waris"

Posting Komentar