Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Sunda untuk Orang Tua dan Guru

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Sunda − Selamat siang para pengunjung setia contohsuratpos dimanapun anda berada. Siang ini admin akan kembali membagikan sebuah contoh surat pribadi, namun sebelum itu, pada postingan terdahulu admin juga sudah membagikan contoh surat pribadi untuk sahabat dalam bahasa Inggris. Sedangkan untuk singa ini admin akan bagikan contoh surat pribadi dalam bahasa Sunda. Ada berbagai macam contoh surat pribadi dalam bahasa Sunda yang tersedia di internet, speerti contoh surat pribadi dalam bahasa sunda untuk orang tua, guru, saudara teman, sahabat dan lainnya. Namun di halaman ini Admin hanya akan membagikan beberapa contohnya saja.

Sebelum saya bagikan contohnya untuk anda, terlebih dahulu admin jelaskan terlebih dahulu apa itu surat pribadi dalam bahasa Sunda? Surat pribadi dalam bahasa Sunda adalah surat yang berisi tentang keperluan pribadi yang dibuat secara pribadi untuk ditujukan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa sunda yang non formal (tidak baku). Dalam membuat surat pribadi tidak ada aturan tertentu yang mengikat. Surat pribadi bebas ditulis sesuai dengan selera penulis. Meskipun demikian, penulis juga harus memperhatikan etika ataupun penggunakan bahasa yang sopan.

Cara Membuat Surat Pribadi dalam Bahasa Sunda

Adapun cara membuat surat pribadi yang baik dan benar sebenarnya sangatlah sederhana, yakni:

o Tulislah surat pribadi tanpa menggunakan kop surat dan format surat yang dipergunakan tidaklah baku
o Gunakanlah bahasa yang sopan, ringan atau bahasa yang sering dipergunakan dalam pergaulan sehari-hari.

Surat pribadi berdasarkan isinya terbagi kedalam dua jenis. Pertama adalah surat keluarga, yakni surat yang ditulis oleh pribadi seseoarang yang ditujukan keada seseorang yang lain, baik itu orang tua, saudara, teman atau sahabat. Kedua adlaah surat setengah resmi, yakni surat yang ditulis oleh pribadi seseorang yang ditujukan kepada Organisas, Instansi ataupun lembaga tertentu.

Gambar untuk Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Sunda untuk Orang Tua dan Guru

Dari penjelasan yang sudah admin paparkan secara ringkas di atas tentunya sudah membuat para pembaca sedikit mulai memahami bagaimana format surat pribadi dalam bahasa Sunda. Namun supaya lebih jelas, berikut ini sudah admin siapkan beberapa contohnya untuk dapat anda pergunakan sebagai bahan referensi untuk kebutuhan anda.

Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda untuk Orang Tua

Bogor, 24 Maret 2017

Salam deudeuh, Assalamualaikum wr. wb.

Naon wartos ibu? Ayu ajeng ibu sae-sae wae ditu. Kumaha kalawan pagawean ibu ayeuna? Ayu ajeng ibu henteu palay teuing waktos didamel nya. Ayu sering kalintang rempan kalawan kasehatan ibu.

Teuing parantos sabaraha lami Ayu henteu ngadatangan ibu di kampung halaman, Ayu leres-leres kangen sami ibu. Ibu, hapunten nya Ayu teu acan iasa mulih liburan minggu ieu, margi pancen sarta tanggel waler Ayu teu acan parantos. Ayu jangji waktos sadaya parantos parantos Ayu bade geura-giru mulih sagancangna. Janten, ibu teu kenging rempan nya. Doakan Ayu nya bu, mugi-mugi iasa ngabereskeun pancen Ayu kalawan sae. Ayu parantos henteu sabar palay memeluk ibu sarta ngarasakeun masakan ibu di bumi.

Geus tiheula nya bu serat ti Ayu. Menggah ibu sempet bales serat Ayu ieu nya Bu. hatur nuhun ibu. Kuring deudeuh ibu.

Wassalamualaikum wr. wb.

Salam ti putra anjeun tersayang,


Ayu Lestari
Terjemahan:
Bogor, 24 Maret 2017

Salam sayang, Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar ibu? Ayu harap ibu baik-baik aja di sana. Bagaimana dengan pekerjaan ibu sekarang? Ayu harap ibu tidak terlalu capek saat bekerja ya. Ayu sering sekali khawatir dengan kesehatan ibu.

Entah sudah berapa lama Ayu tidak mengunjungi ibu di kampung halaman, Ayu benar-benar kangen sama ibu. Ibu, maaf ya Ayu belum bisa pulang liburan minggu ini, karena tugas dan tanggung jawab Ayu belum selesai. Ayu janji saat semua sudah selesai Ayu akan segera pulang secepatnya. Jadi, ibu jangan khawatir ya. Doakan Ayu ya bu, semoga bisa menyelesaikan tugas Ayu dengan baik. Ayu sudah tidak sabar ingin memeluk ibu dan menikmati masakan ibu di rumah.

Udah dulu ya bu surat dari Ayu. Kalau ibu sempat balas surat Ayu ini ya Bu. Terima kasih ibu. Aku sayang ibu.

Wassalamualaikum wr. wb.

Salam dari anakmu tersayang,


Ayu Lestari

Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda Untuk Guru

Ka anu Kuring Hormati,

Ibu Fauziah Di Bandung

Assalamualaikum wr.wb,

Jenengan kuring Ikhsan, kuring yakin ibu tangtos parantos lali kalawan kuring, kuring nyaeta siswa di SMA Nagari 1 Bandung anu baheulana calik di kelas 1b. Sarta Ibu Fauziah nyaeta wali kelas di kelas 1b waktos eta. ayeuna kuring parantos aya di Kuala Leutak ngiring program pertukaran siswa.

Kuring ngan palay ngedalkeun hatur nuhun seueur luhur bantuan Ibu Fauziah salila ieu ku kituna kuring iasa direkomendasikeun ku mastaka sakola kanggo ngiring program pertukaran siswa ieu. Sarta Kuring kalintang keneh merlukeun bimbingan sarta dua ti Ibu Fauziah supados kagiatan diajar kuring salila di dieu iasa mapan luyu harepan sarta lancar.

Gampil-mudahan dina liburan semester saterusna kuring iasa balik ka Indonesia sarta iasa bersilaturahmi ka bumi Ibu kanggo ngedalkeun rasa hatur nuhun kuring sacara langsung luhur bantuan ti ibu salila ieu.
Sarta sareng ieu deui kuring kirimkan cinderamata ti Kuala Leutak anu kuring ngagaleuh dina waktos nganjang ka Johor. Menta ditarima.

Kitu,sarta kalintang deui kuring ucapkan seueur hatur nuhun luhur bantuan Ibu salila ieu.

Kuala Leutak, 24 Maret 2017

Ajen kuring,


Ikhsan
Terjemahan:
Kepada yang Saya Hormati, Ibu Fauziah Di Bandung

Assalamualaikum wr.wb,

Nama saya Ikhsan, saya yakin ibu pasti sudah lupa dengan saya, saya adalah siswa di SMA Negeri 1 Bandung yang dulunya duduk di kelas 1B. Dan Ibu Fauziah adalah wali kelas di kelas 1B waktu itu. Saat ini saya sudah berada di Kuala Lumpur mengikuti program pertukaran pelajar.

Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan Ibu Fauziah selama ini sehingga saya direkomendasikan oleh Bapak kepala sekolah untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini. Dan Saya masih sangat membutuhkan bimbingan dan doa dari Ibu Fauziah agar kegiatan belajar saya selama disini bisa berjalan sesuai harapan dan lancar.

Mudah-mudahan pada liburan semester berikutnya saya bisa kembali ke Indonesia dan dapat bersilaturahmi ke rumah Ibu untuk mengucapkan rasa terima kasih saya secara langsung atas bantuan dari ibu selama ini.

Dan bersama ini pula saya kirimkan cinderamata dari Kuala Lumpur yang saya beli pada saat berkunjung ke Johor. Mohon diterima.

Demikian, dan sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih atas bantuan Ibu selama ini.

Kuala Lumpur, 24 Maret 2017

Hormat saya,


Ikhsan
Itulah 2 contoh surat pribadi dalam bahasa Sunda yang bisa admin share kali ini untuk anda. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat tersendiri untuk anda, terutama bagi anda yang sedang membutuhkan referensi dalam membuat surat pribadi dalam bahasa sunda. Jika surat pribadi di atas bermanfaat, silahkan like dan share kepada kawan-kawan lain yang juga membutuhkan. Sebagai tambahan, silahkan lihat juga contoh surat perjanjian sewa rumah, barangkali juga akan berguna untuk anda. Terima kasih atas kunjungan saudara semua dan salam sukses dari www.contohsuratpos.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Sunda untuk Orang Tua dan Guru"

Posting Komentar